5 Tempat Oleh-oleh di Jogja yang Populer

Saat liburan di Jogja, tidak lengkap rasanya jika pulang tanpa membawa buah tangan. Ada beragam oleh-oleh yang bisa diberikan untuk keluarga di rumah seperti bakpia, batik, dan perhiasan perak. Berikut ini adalah tempat oleh-oleh di Jogja yang sangat populer.

 

Tempat Oleh-oleh di Jogja yang Populer

  1. Pasar Bringharjo

    Pasar Bringharjo Jogja - Travel aja

Tempat wisata oleh-oleh di jogja yang sangat lengkap yaitu Pasar Bringharjo. Pasar Bringharjo terletak di kawasan Jl Malioboro. Di sini dijual berbagai bagai macam oleh-oleh seperti baju batik, barang-barang antik, cinderamata, bahkan bermacam-macam jamu dijual di pasar ini.  Pasar yang lengkap ini telah berdiri sejak tahun 1758 sejak pemerintahan Sultan Hamengkubuwono IX.

 

Pasar ini menjadi tempat oleh-oleh di Jogja yang populer karena ada banyak penjual yang membolehkan customer untuk menawar. Bagi pembeli yang suka menawar, tempat ini adalah surga. Umumnya, harga satu buah daster Rp. 25.000 dengan kualitas yang biasa sedangkan untuk yang premium harganya sekitar Rp.60.000. Pasar ini buka setiap hari  sejak pukul 7.30 pagi hingga 4 sore.

 

  1. Bakpia Pathok 145

    Bakpia Pathok 145 Jogja - Travel Aja

Bakpia adalah kuliner khas Jogja yang sangat nikmat. Toko ini menjadi buruan banyak turis karena terkenal akan kelezatan dan varian rasanya. Bakpia original adalah jajanan khas yang terbuat dari kacang hijau. Bakpia Pathok 145 menjadi tempat oleh-oleh di Jogja karena rasa bakpianya yang lezat. Ada yang rasa coklat, durian, bahkan keju. Para pembeli bisa memilih ingin yang satu kotak berisi 10, 15, atau yang  20. Bakpia ini jadi favorit para pembeli karena tahan lama hingga beberapa hari. Oleh karena itu bakpia ini sangat cocok untuk oleh-oleh.

 

Tempat ini adalah salah satu tempat wisata oleh-oleh di Jogja yang terkenal karena bakpianya enak dan tempatnya pun mudah dijangkau. Alamat toko ini yaitu di Jl Gambiran no 40 Yogyakarta. Harganya cukup terjangkau. Satu kotak bakpia harganya Rp.40.000. Toko ini tidak hanya menjual bakpia saja, namun oleh-oleh khas Jogja lainnya seperti yangko dan egg Roll ubi ungu.

 

  1. Gudeg Bu Tjitro

    Gudeg Bu Tjitro Jogja - Travel aja

Salah satu tempat oleh-oleh di Jogja yang sangat khas yaitu Guded Bu Tjitro. Gudeg di sini sering disebut dengan gudeg kendil karena menggunakan kendil dalam penyajiannya. Rasanya sangat lezat dan menggunakan sambel kering yang khas. Gudeg ini cukup tahan lama karena bisa bertahan hingga 2 hari. Tidak perlu takut basi karena Bu Tjipto menyediakan gudeg kaleng yang bisa tahan lama. Bahkan gudeg ini bisa bertahan hingga 1 tahun. Untuk satu kaleng gudeg harganya Rp 56.000 rupiah.

 

  1. Cinderamata Perak

    Cinderamata Perak Kotagede - Travel Aja

Perak adalah salah satu perhiasan yang diminati banyak orang. Jika ingin membeli perhiasan ini, maka datanglah ke kawasan Kotagede. Di sana terdapat banyak toko-toko perhiasan perak. Barang yang dijual pun bervariasi ada gelang, bros, kalung, cincin bahkan miniatur benda dari perak. Kualitas perak Kotagede tidak diragukan lagi. Perak terbaik adalah perak 925.

 

  1. Kerajinan Kulit Manding

    Kerajinan Kulit Manding Jogja - travel aja

Manding adalah tempat di mana pembeli bisa menemukan puluhan penjual kerajinan kulit mulai dari penjual tas, sepatu, atau cinderamata. Manding terletak di Jl.Parangtritis km 11. Sentra kulit ini adalah tempat wisata  Jogja yang berkualitas karena banyak barang buatan Manding yang diekspor ke luar negeri. Bagi para pecinta tas atau sepatu kulit, maka sempatkanlah berkunjung ke sentra kerajinan di Manding. Untuk mendapatkan harga yang sesuai, maka tawar-menawarlah dengan penjual.

 

Tempat oleh-oleh Jogja sangat banyak. Ini hanyalah beberapa referensi saja. Anda bisa mendatangi tempat-tempat tersebut sesuai kebutuhan.

 

5 Tempat Oleh-oleh di Jogja yang Populer | Travel Aja | 4.5