Dago pakar merupakan tempat wisata yang mempunyai nilai historis, pemandangan alam yang indah nan mempesona di Indonesia itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. tempat wisata dago pakar merupakan tempat wisata hutan kota yang berubah menjadi taman hutan raya.

            Tempat wisata dago pakar memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri apabila dibandingkan dengan tempat wisata lainnya dibandung, ketika memasuki lokasi kawasan hutan raya disana terdapat pepohonan yang berusia tua dan tumbuh tinggi menjulang ke atas, hutan raya termasuk kawasan hutan yang masih asri dan alami.

Dago pakar lebih dikenal dengan sebutan taman hutan raya djuanda (tahura djuanda), rute perjalanan dago pakar apabila menempuh perjalanan dari kota kembang (bandung) menempuh jarak kurang lebih 7 km kea rah utara, Dago pakar terletak di ketinggian 800-1350 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas kurang lebih 527 hektar.

Di kawasan wisata dago pakar juga terdapat wisata sejarah yaitu: gua belanda dan gua jepang, wisata edukasi mengenal beragam jenis tumbuhan, sisa peninggalan manusia purba berupa artefak-artefak kuno yang diabadikan di museum mini, dan masih banyak wisata lainnya.

Berbagai macam jenis tumbuhan yang berada di hutan raya dago pakar antara lain bambu (bambusa sp.), teklan, kayu manis, pinus(pinus merkusi), kaliandra (calliandra callothyrsus) dan lain sebagainya, sedangkan untuk satwa yang ada di wisata hutan raya dago pakar antara lain adalah kera (macaca insularis), musang(paradoxurus herma paproditus), ayam hutan atau ayam alas ( gallus gallus bankiva), tupai (callosciurus notatus), kepodang (oriolus chinesis), kutilang (pycnontus caferaurigaster), dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang berada di dago pakar yang bisa anda kunjungi yaitu:

  1. Gua Jepang

gua-jepang-THR | 7 Tempat Wisata di Dago Pakar Bandung

Gua jepang merupakan gua yang dibangun pada tahun 1942 ketika tentara Jepang masih menjajah Indonesia, letak Lokasi gua dari pintu masuk wisata Dago Pakar kurang lebih berjarak 600 meter, gua ini memiliki 4 buah pintu yang saling berhubungan, kecuali pintu kedua, pintu kedua ini memang sengaja dibuat untuk mengecoh para musuh, Gua jepang memiliki panjang kurang lebih 70 meter, gua ini berfungsi sebagai benteng pertahanan dan perlindungan tentara Jepang di wilayah Bandung Utara, di dalam gua jepang  terdapat 4 kamar yang difungsikan sebagai tempat istirahat panglima tentara Jepang, ketika tentara  Jepang kalah dan pergi dari indonesia, Gua ini menjadi tidak terawat sehingga banyak ditumbuhi semak belukar, pada tahun 1965 didalam gua jepang ditemukan amunisi lengkap dengan persenjataan.

  1. Gua Belanda

1-1-1024x600 | 7 Tempat Wisata di Dago Pakar Bandung

            Gua Belanda berjarak kurang lebih 400 meter dari Gua Jepang, Gua Belanda tampak lebih luas dan kondisinya juga lebih baik dari pada gua jepang, dikarenakan Gua Belanda ini pernah mengalami perbaikan beberapa kali, Gua belanda dibangu pada tahun 1941.

            Gua Belanda pada masa penjajahan belanda digunakan sebagai terowongan saluran air Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), setelah itu beralih fungsi menjadi pusat komunikasi rahasia Tentara Belanda dan setelah Indonesia merdeka gua ini  digunakan sebagai tempat penyimpanan mesiu.

  1. Hiking ke Maribaya

3-1-1024x616 | 7 Tempat Wisata di Dago Pakar Bandung

            Kawasan wisata Tahura Djuanda yang begitu luas dapat menghubungkan wisata Dago Pakar dan Maribaya Lembang, apabila anda ingin berjalan kaki melewati jalan setapak sepanjang 4 km dari Dago menuju Maribaya, perjalanan yang terus menanjak dan melewati sungai yang berkelok dengan ditemani suara kicauan burung membuat suasana lebih asri dan alami dan terkadang juga ada monyet yang tampak.

            Selain itu terdapat beberapa tempat peristirahatan atau gazebo yang bisa anda di gunakan sebagai tempat peristirahatan sejenak, sepanjang perjalanan anda juga bisa melihat beberapa air terjun yang ada di sekitar lokasi wisata dago pakar antara lain adalah Air Curug Koleang, Curug Omas, serta Taman Maribaya.

  1. Curug Dago dan Batu Prasasti Kerajaan Thailand

2-1 | 7 Tempat Wisata di Dago Pakar Bandung

Curug dago berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut, tinggi terjunan curug ini sekitar 12 meter, terbentuknya curug disebabkan oleh aliran air Sungai Cikapundung yang mengalir dari Maribaya ke bandung, curug Dago juga memiliki peninggalan sejarah dari Kerajaan Thailand yang berada tidak jauh dari lokasi curug.

  1. Curug Lalay

air-terjun-curug-lalay | 7 Tempat Wisata di Dago Pakar Bandung

Curug ini sebagai rangkaian akhir dari banyak curug yang mengalir di Sungai Cimahi, curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter, di dekat curug ada sebuah gua, dan pada dinding gua terdapat banyak hewan lalay atau kelelawar, dari sinilah asal nama Curug Lalay.

  1. Curug Omas

IMG_20160416_161231 | 7 Tempat Wisata di Dago Pakar Bandung

Tinggi terjunan curug omas ini kurang lebih 30 meter dengan kedalaman kurang lebih 10 meter, letaknya di aliran sungai Cikawari, pada bagian atas air terjun terdapat sebuah jembatan yang dapat dilalui dan digunakan  untuk melihat keindahan air terjun dari atas, pertemuan antara aliran Sungai Cigulun dan Cikawari yang membentuk aliran sungai Cikapundung Hulu.

  1. Patahan Lembang

patahan-lembang-bandung-1024x576 | 7 Tempat Wisata di Dago Pakar Bandung

Bukit Patahan Lembang membentang dari timur ke barat,letaknya berada di kawasan utara Bandung, lokasi rute patahan tampak jelas sepanjang 25 km, hal ini ditandai dengan lurusnya untaian bukit yang bermula dari timur wisata Maribaya sampai dengan Cisarua-Cimahi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY