Lombok merupakan pulau yang tepat di samping pulau Bali. Pulau ini bisa diakses 2½ jam dari Pulau Bali menggunakan perahu. Meskipun pulau Lombok tidak seperti pulau Bali yang memiliki banyak candi-candi, namun saat ini Pulau Lombok menjadi salah satu tujuan utama untuk wisata backpacker, gaya wisata yang mengedepankan pengiritan biaya. Meskipun harus mengatur dan membuat itinerary sendiri, wisata ke Lombok ala backpacker bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dicoba.

 

Perjalanan Wisata ke Lombok ala Backpacker

Seorang traveler yang ingin melakukan wisata backpacker harus merencanakan semua hal sendiri. Membuat itinerary atau agenda perjalanan, perincian dana, perlengkapan, akomodasi, dan sebagainya harus disusun dengan baik dan cermat untuk meminimalisir kemungkinan buruk. Selain perencanaan yang matang, sebagai packpacker Anda juga perlu memperkirakan bagaimana cara menghadapi sebuah kemungkinan yang tidak diinginkan.

Agar wisata ke Lombok ala backpacker berkesan bagi Anda, Anda bisa mengikuti contoh itinerary yang dijabarkan berikut ini. Itinerary backpacking ke pulau Lombok bisa Anda lakukan hanya dengan biaya sekitar Rp 400.000. Apabila Anda berasal dari Pulau Jawa, Anda perlu mencapai bagian paling timur dari Pulau Jawa yaitu Surabaya. Untuk mencapai Surabaya, Anda bisa menggunakan transportasi darat berupa kereta api. Biaya kereta api dari Jakarta ke Surabaya hanya sekitar Rp 104.000.

Anda yang memiliki anggaran lebih untuk wisata ke Lombok ala backpacker bisa menggunakan transportasi pesawat dengan destinasi bandara di Bali. Sementara itu, untuk Anda yang menggunakan jalur darat, setelah sampai di stasiun Surabaya Anda perlu berganti kereta untuk mencapai Banyuwangi. Dari stasiun Banyuwangi, Anda kemudian bisa menggunakan transportasi bus yang memiliki tujuan ke Ubud, Denpasar. Bus yang Anda tumpangi akan diseberangkan dengan kapal feri melewati selat.

Setelah tiba di Bali, Anda bisa menyeberangi selat Lombok menggunakan kapal feri. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pelabuhan di Lombok hanya sekitar 4-5 jam. Setibanya di pulau Lombok, Anda bisa memulai wisata ala backpacker di pulau Lombok sebagaimana yang Anda rencanakan. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di pulau yang termasuk wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat ini seperti Gunung Rinjani, Senggigi, Bangko-bangko, Gili Kondo, Pantai Kuta, dan sebagainya. Nama Pantai Kuta yang dimaksud dalam hal ini bukan pantai di Pulau Bali melainkan pantai di pulau Lombok.

  1. Gunung RinjaniPuncak-Gunung-Rinjani-travel-aja | Asyiknya Wisata ke Lombok ala Backpacker

wisata ke Lombok ala backpacker tidak akan sempurna jika Anda tidak mengunjungi gunung Rinjani. Pemandangan alam di Gunung Rinjani konon dianggap sebagai pemandangan yang terindah di Asia. Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang luar biasa menakjubkan dari Gunung Rinjani.

  1. Pantai Senggigipantai-senggigi-travel-aja-1024x615 | Asyiknya Wisata ke Lombok ala Backpacker

Pantai yang berada di pesisir barat Lombok ini memiliki pemandangan yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Air lautnya yang bersih dan tenang juga memungkinkan wisatawan untuk menikmati pemandangan bawah laut. Pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai Kuta di Bali. Anda juga bisa mengunjungi pantai pasir pink di Lombok.

Apabila Anda memiliki cukup anggaran dana, selain menikmati pemandangan pantai dan laut, Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas seperti berenang, surfing, snorkeling, dan lainnya. Agar tidak tersesat, Anda juga jangan lupa untuk membawa gadget canggih atau alat GPS. Jangan lupa juga untuk membawa kamera yang bisa mengabadikan momen wisata backpacker Anda. Dengan begitu, wisata ke Lombok ala backpacker Anda akan berkesan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY