Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan provinsi yang mendapat julukan provinsi seribu masjid. Saat ini, ada banyak tempat wisata di NTB yang tidak kalah dengan provinsi tetangganya, Bali. Anda bisa menikmati beragam model wisata seperti wisata alam, wisata budaya, wisata aktivitas, wisata kuliner, dan sebagainya. Apabila Anda tertarik untuk melakukan liburan ke destinasi wisata Nusa Tenggara Barat, berikut ini ada referensi tujuan wisata yang bisa dimasukkan dalam list Anda.

 

Beberapa Lokasi Wisata Nusa Tenggara Barat yang Populer

Tempat-tempat wisata Nusa Tenggara Barat tidak hanya terdiri dari wisata pantai dan laut. Ada banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan gunung dan kebudayaan lokal. Destinasi wisata berikut ini menawarkan sesuatu yang berbeda untuk Anda yang bosan dengan laut dan pantai. Wisata tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Air Terjun Mata Jitu

    Air-Terjun-Mata-Jitu-travel-aja | Berbagai Tempat Wisata Nusa Tenggara Barat yang Menarik untuk Dikunjungi

Wisata alam di Nusa Tenggara Barat berupa air terjun ini tersembunyi di kawasan hutan Pulau Moyo di Kabupaten Sumbawa. Wisata air terjun ini kini menjadi salah satu cagar alam Indonesia. Menurut penduduk lokal, wisata ini dinamakan demikian karena mata air yang jatuh ke bawah, tepat mengenai tujuh kolam. Air terjun yang memiliki empat undak ini bahkan sempat dikunjungi oleh mendiang Putri Diana.

Dari Desa Ai Bai di Sumbawa, Anda perlu melakukan perjalanan dengan ojek motor terlebih dahulu agar sampai di lokasi Air Terjun Mata Jitu. Perjalanan menggunakan ojek motor memakan waktu sekitar 20 menit. Apabila Anda berjalan kaki, Anda akan sampai 1.5 jam kemudian. Karena merupakan wisata air terjun di hutan, Anda perlu menghindari kunjungan pada saat hujan karena jalanan dan bebatuan akan licin.

  1. Rumah Adat Sade

    desa-adat-sade-travel-aja | Berbagai Tempat Wisata Nusa Tenggara Barat yang Menarik untuk Dikunjungi

Di Nusa Tenggara Barat, Anda bisa mengunjungi salah satu warisan budaya lokal berupa Rumah Adat Sade. Anda bisa mengunjungi Dusun Sade di Kabupaten Lombok Tengah. Penghuni Rumah Adat Sade dikenal sebagai Suku Sasak. Suku tersebut merupakan suku di Lombok yang masih melestarikan berbagai tradisi dan adat-istiadat hingga saat ini.

Rumah adat itu sendiri merupakan bangunan yang menggunakan material bamboo. Atap rumah dibuat menggunakan daun alang-alang. Wisata Nusa Tenggara Barat yang satu ini terdiri atas Bale Tani dan Lumbung. Bale Tani merupakan tempat dimana suku Sasak tidur dan tinggal. Sementara itu, Lumbung adalah tempat menyimpan hasil panen. Hasil panen seperti padi yang disimpan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  1. Pura Batu Bolong

    Pura-Batu-Bolong-lombok-travel-aja-1024x768 | Berbagai Tempat Wisata Nusa Tenggara Barat yang Menarik untuk Dikunjungi

Lokasi wisata Nusa Tenggara Barat yang tidak kalah bagus pemandangannya adalah pura Batu Bolong. Tempat wisata ini berada tidak jauh dari Pantai Senggigi. Karena itu, selepas Anda berkunjung ke Pantai Senggigi, Anda bisa mengunjungi pura Batu Bolong. Seperti namanya, pura Batu Bolong merupakan pura yang dibangun di atas batu karang besar yang memiliki lubang pada bagian bawahnya. Pemandangan di Pura Batu Bolong akan sangat indah saat matahari terbit maupun pada saat senja.

Karena ada banyak lokasi wisata Nusa Tenggara Barat, Anda perlu memanage waktu Anda sebaik mungkin. Sebagai contoh, Anda bisa mengunjungi lokasi wisata terdekat dari wisata yang tengah Anda kunjungi. Misalnya, dari Pantai Senggigi Anda bisa ke Pura Batu Bolong sebelum ke lokasi yang lebih jauh. Selain itu, jika Anda ingin mengabadikan momen dan pemandangan, Anda perlu selalu mengecek baterai kamera yang Anda bawa. Kalau perlu, ada cadangan baterai yang Anda bawa. Dengan begitu, Anda tetap bisa mendapatkan banyak foto saat berlibur di NTB.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY