Rute pendakian objek wisata Gunung Semeru dimulai dari Desa Ranu Pane Lumajang, Kemudian Anda disarankan untuk mendaki yang belum pernah ke puncak Suroloyo, sebaiknya memakai jasa guide Bromo atau pemandu tempat agar anda tidak tersesat, untuk keselamatan dalam pendakian Gunung Semeru diharapkan untuk tidak lupa selalu patuhi peraturan yang berlaku di kawasan Taman Nasional Bromo. Ketika melakukan pendakian ke puncak Semeru dan tidak mematuhi peraturan ketika berada di jalur dan rute Semeru berakhir dengan akibat yang fatal serta diharapkan untuk tidak lupa agar menjaga kelestarian alam.

1-2 | Rute Pendakian di Objek Wisata Gunung Semeru

Setiap pendaki di larang membuang sampah sembarangan, sampah-sampah dari bungkus makanan yang mereka bawa diwajibkan agar di buang di tempat sampah atau di buang di bawah ketika mereka selesai mendaki puncak Semeru Mahameru, Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang terfavorit untuk para pecinta trekking, Karena gunung ini memiliki pesona yang indah yang tidak hanya ada di puncaknya, namun rute maupun jalur menuju puncak gunung Semeru pun banyak keindahan yang tersimpan.

Ketinggian dari gunung ini yaitu 3.675 meter diatas permukaan laut yang merupakan gunung berapi tertinggi yang ada di pulau Jawa dengan kawah puncak gunung Semeru yang memiliki sebutan jonggring Saloko, biasanya untuk mencapai puncak gunung Semeru tersebut Anda memerlukan waktu paling cepat 2 hari 1 malam atau agar lebih santai Anda bisa mendaki selama tiga hari dua malam dengan start mendaki lewat jalur kota Malang ataupun Lumajang, untuk menuju ke jalur tersebut Anda bisa datang dari Terminal Kota Malang menuju Desa tumpang, kemudian setelah itu Anda bisa naik Jeep menuju pos Ranu Pani.

2-3 | Rute Pendakian di Objek Wisata Gunung Semeru

Nah dari situlah para peserta tracking harus mengurus terlebih dahulu surat izin pendakian di desa gubugklakah, apabila pendaki sudah mendapat perizinan dan juga tiket masuk Anda bisa memulai pendakian, ada jalur pertama yang kita temui yaitu Tugu Selamat datang yang masih biasa saja atau masih landai dengan menyusuri lereng-lereng bukit dan juga tumbuhan alang-alang. Di sini tidak ada penunjuk arah alam namun ada tanda ukuran jarak pada setiap 100 meter.

Bila anda sudah berjalan sekitar 3 jam dari Ranu Pani, Anda pasti akan menemui sebuah pemandangan alam dan juga Danau cantik yang tersembunyi yaitu danau Ranu Kumbolo, Danau Ranu Kumbolo ini merupakan lokasi peristirahatan pertama untuk para pendaki gunung Semeru, di sini kita bisa mendirikan tenda untuk bermalam selain itu kita juga bisa Menikmati keindahan serta nuansa alam yang tentram di Ranu Kumbolo.

Mungkin bagi anda yang berjiwa petualang, sekarang  saatnya anda mengemasi pakaian dan segera berangkat ke Gunung Semeru. Happy Hiking.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY