Tempat yang Harus Dikunjungi di Jogja

Yogyakarta adalah salah satu kota favorit para turis baik lokal dan mancanegara. Selain terkenal akan kulinernya yang khas dan lezat, ada banyak tempat yang harus dikunjungi di Jogja seperti museum, candi, pantai, pegunungan, dan pusat kerajinan perak. Berikut ini adalah 3 destinasi tujuan wisata yang paling sering dikunjungi para turis di Jogja.

Wisata Indonesia: Tempat yang Harus Dikunjungi di Jogja

  1. Tugu Jogja

    tugu-jogja-travel-aja

Tempat wisata wajib dikunjungi di Jogja yang pertama adalah Tugu Jogja. Tugu ini bukan hanya ikon yang menyimbolkan kota Jogja. Namun, ada sejarah dan cerita dibalik Tugu Jogja. Tugu ini dibangun sejak Sultan Hamengkubuwono I dengan tujuan sebagai simbol persatuan rakyat Jogja saat mengusir penjajah. Selain itu, bentuk tugu yang meruncing ke atas juga diibaratkan hubungan antara manusia dengan Tuhan Sang Pencipta Semesta.

Saat terbaik untuk berfoto di depan Tugu Jogja adalah sore hari menjelang matahari terbenam atau di malam hari. Para turis tidak dipungut biaya saat datang ke Tugu Jogja alias gratis. Tak jauh dari tugu, tinggal berjalan sebentar dan menemukan kawasan Malioboro atau pusat perbelanjaan Jogja yang sangat terkenal. Anda bisa menemukan berbagai barang khas Jogja seperti kaos dagadu, batik, dan kuliner khas Jogja.

  1. Candi Prambanan

    candi-prambanan-travel-aja

Tempat yang harus dikunjungi di Jogja selanjutnya yaitu Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang. Candi ini terletak di Jalan Jogja-Solo sekitar 15 km dari pusat kota. Candi ini adalah Candi Hindu terbesar yang ada di Asia Tenggara. Ada 3 candi utama di Candi Prambanan yaitu Brahma, Wisnu, dan Syiwa.

Tempat yang harus dikunjungi di Jogja ini memiliki legenda. Legenda yang tersebar dari mulut ke mulut ini yaitu dahulu seorang putri yang dilamar oleh Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang tidak ingin menikah dengannya karena ia telah membunuh ayahnya. Roro Jonggrang setuju dengan syarat Bondowoso membuatkannya 1000 candi dalam semalam. Akhirnya Bondowoso pun meminta bantuan dari jin dan makhluk halus. Namun, ketika hampir jadi, Putri menggagalkannya dengan cara membuat hari seolah-olah sudah pagi dengan membangunkan para ayam dan kaburlah para makhluk halus yang membantu. Padahal arca tersebut sudah 999. Mengetahui trik putri, Bondowoso pun marah dan akhirnya putri diketuk jadi batu dan genaplah menjadi 1000 candi.

Candi ini dibuka jam 6 pagi – 5 sore. Tarif tiket untuk satu orang dewasa membayar  Rp. 30.000 sedangkan untuk wisatawan asing $ 18. Candi ini adalah tempat wisata wajib dikunjungi di Jogja karena selain memiliki bangunan yang indah, candi ini juga memiliki nilai histori yang patut diketahui.

  1. Bukit Bintang

    bukit-bintang-jogja-travel-aja

Tempat yang harus dikunjungi di Jogja adalah Bukit bintang. Tempat ini terletak di Jl Jogja – Wonosari. Bukit Bintang adalah kawasan makan yang menyuguhkan pemandangan romantik berupa kerlipan lampu yang ada dipancarkan dari bangunan-bangunan kota Jogja. Di kawasan ini pengunjung bisa memesan makan di lesehan sederhana atau restoran yang mewah. Untuk harga makanan yang ditawarkan di Bukit Bintang sangat bervariasi. Umumnya untuk makanan mulai Rp.9500 dan minuman mulai Rp.3000. Sebaiknya datanglah ke tempat ini menjelang matahari terbenam atau di saat malam hari. Tiket masuk ke kawasan ini gratis atau tidak dipungut. Jadi, para turis hanya akan dikenakan biaya dari menu makanan/minuman yang dipilih.

Tiga pilihan di atas bisa dijadikan list beberapa tempat yang harus dikunjungi di Jogja. Semoga beberapa pilihan tersebut bisa jadi sedikit panduan terutama bagi yang pertama kali ke Jogja.

Tempat yang Harus Dikunjungi di Jogja | Travel Aja | 4.5