Ketahui Mengenai Sejarah Wisata Monjali (Monumen Jogja kembali) di Kota Jogja

Posted on

Wisata Sejarah Jogaja di Monumen Jogja Kembali – Kota jogja merupakan kota idaman yang memiliki cukup banyak hal yang membuat kita selalu ingin mengunjunginya, sebagai salah satu kota yang memiliki sejarah panjang dan besar di indonesia kota jogja memiliki banyak sekali peninggalan bersejarah baik berupa bangunan, monumen, tempat wisata, pasar, dan banyak hal lain. Salah satu tempat bersejarah yang juga menjadi rekomendasi pilihan wisata sejarah di kota jogja adalah MONJALI (monumen jogja kembali).

Pada pertama kali melihat monumen ini pun anda bisa melihat cukup besar saksi sejarah dari adanya bangunan ini, perlu di ketahui kalau monjali merupakan bangunan yang memperingati kembalinya kota yogyakarta terbebas dari penjajahan belanda pada tahun 1949. di dalam monumen ini anda bisa menikmati wisata sejarah tentang perjuangan kota jogja pada saat damai waktu dahulu

Sejarah singkat Monumen jogja kembali?

Bangunan menyerupai piramida di mesir ini dibangun oleh pemerintah kota yogyakarta pada tahun 1983 sebagai peringatan di tariknya serdadu belanda dari ibu kota yogyakarta pada tahun 1949 tepatnya pada tanggal 29 juni. Untuk memperingati terciptanya dan kembalinya jogja sebagai kota yang terbebas dari penjajahan dan intensitas belanda di yogyakarta. Pemerintah daerah tingkat II adalah yang mengusulkan untuk membuat monumen peringatan ini.

Wisata monumen jogja kembali yang terdiri dari tiga lantai ini di bangun dalam kurun waktu empat tahun dan diresmikan oleh pak soeharto pada tahun 1989. Bangunan ini juga di kelilingi oleh kolam di sekelilingnya, bentuk monumen ini merupakan simbol dari kemakmuran dan pelestarian budaya dari nenek moyang.

Lokasi monumen jogja kembali?

lokasi terletaknya monumen jogja kembali adalah di Dusun Jongkang, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. lokasi ini merupakan titik dimana titik tersebut yang menghubungkan antara tugu jogja, panggung krapyak, gunung merapi, keraton ngayogjakarta dan pantai parangtritis. tempat-tempat tadi merupakan tempat yang cukup berperan dan menjadi wisata favorit di kota yogyakarta.

Alamat lengkap wisata Monjali (monumen jogja kembali) ini :
Jalan Ring Road Utara, Sari Harjo, Ngaglik, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Isi monumen jogja kembali?

Seperti pada ulasan di awal postingan tadi, monumen jogja kembali merupakan wisata sejarah dimana jogja kembali menjadi kota yang berdaulat dan terbebaskanya indonesia dari penindasan dan pendudukan belanda secara nyata. Disini kalian bisa melihat taman yang terdapat beberapa replika alat-alat dan mesin tempur yang digunakan dalam perang seperti meriam tempur dan pesawat tempur.

Di lantai satu kalian bisa melihat beberapa peninggalan jaman bersejarah itu, dimana terdapat beberapa reali, foto, dokumen, alat tandu, beberapa jenis senjata, dan terdapat pula perpustakaan yang berisi buku sejarah.

Dilantai dua kalian bisa melihat 40 buah Relief Perjuangan fisik dan Diplomasi perjuangan Bangsa Indonesia.Kalian bisa melihat relief Jenderal Mayor Meyer yang mengancam Sri Sultan HB IX pada tanggal 3 Maret 1949, lalu Presiden dan pemimpin lain yang kembali ke jogja, pernyataan dari Sri Sultan HB IX yang menyatakan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta adalah bagian dari Negara Republik Indonesia serta prosesi Perayaan Kemerdekaan di halaman Kraton Ngayogyakarta dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk Wisata Monumen Jogja Kembali

Untuk dapat memasuki tempat wisata bersejarah ini kalian dikenakan biaya tiket masuk sebesar 5000 – 7500 rupiah. Lokasi tiket berada dibagian barat yang berdekatan dengan tempat parkir yang sangat luas. tempat yang luas ini biasanya juga digunakan sebagai ajang kompetisi lomba burung sejawa tengah maupun sekota yogyakarta.

Wisata monjali ini sendiri buka dari jam 08.00 -16.00, di atas jam 4 itu tadi terdapat lagi hiburan yaitu semacam taman pelangi dengan berbagai ornamen nan bagus dan keren yang dihiasi dengan lampu-lampu di sekitarnya, terdapat juga beberapa ruang dengan konsep yang lucu dan berbeda seperti lampion, replika hewan dengan lampu, bentuk karikatur para presiden kita, dan banyak lagi, monumen ini buka hari selasa sampai minggu. tempat yang bersejarah ini sangat cocok untuk wisata bagi anda yang punya anak sehingga anak anda akan kaya akan ilmu sejarah tentang indonesia.

Demikian sedikit rangkuman dan ulasan mengenai salah satu wisata sejarah yang terdapat di kota joga, selain bisa digunakan sebagai alternatif wisata bersama keluarga Monumen Jogja Kembali ini juga cukup seru dijadikan tempat berburu foto dan juga selfie loh, apalagi setelah adanya beberapa tambahan wahana hiburan lampu-lampu pelangi tersebut. Sudah harga tiketnya murah, mempunyai nilai sejarah kental akan kota jogja bisa anda temui di tempat ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *